Rabu, 26 Oktober 2016

Nano Ceramic Coating Adalah

Nano Ceramic Coating

Mobil mengkilap sepanjang masa dimiliki merupakan keinginan semua pemilik kendaraan (apalagi pemilik mobil warna hitam). Dengan meningkatnya teknologi, banyak produk-produk diluar yang menjanjikan dapat memberikan proteksi maksimal terhadap cat, ada yang menjanjikan anti baret. Jadi sudah berapa majukah teknologi ceramic coating di indonesia ini?



Apa itu nano ceramic coating?

Dibandingkan dengan tradisional wax dan sealant, nano ceramic coating memberikan lapisan yang lebih keras dan tebal sehingga memberikan perlindungan terhadap cat lebih lama dan kuat. Kalau wax dan sealant dapat memberikan perlindungan dalam hitungan bulan, nano ceramic coating dapat memberikan perlindungan dalam hitungan tahun.

Nano coating adalah cairan yang menyerap ke pori - pori cat sehingga menyatu begitu diaplikasikan ke permukaan dan hanya bisa hilang jika di poles dengan menggunakan compound.


Kegunaan nano ceramic coating

Seperti yang kalian sudah tahu kegunaan dari nano ceramic coating adalah:

- Hydrophobic effect dimana mobil mendapatkan efek daun talas (air menjadi beeding dan mudah turun)

- Self - cleaning effect sehingga kotoran-kotoran tidak akan menempel membuat mencuci mobil menjadi mudah

- Melindungi dari kontaminasi natural acid

- Melindungi cat dari cacat yang sering diakibatkan UV seperti oksidasi

- Membuat cat tahan terhadap baret-baret halus seperti swirl mark akibat teknik cuci dan lap yang salah


Cara mengaplikasi

Dibandingkan dengan wax atau sealant yang bisa menutupi baret-baret halus, nano ceramic coating tidak dapat menutupi baret-baret yang terlihat. Oleh karena itu sebelum ceramic coating diaplikasikan, kondisi cat mobil harus dipastikan 100% bebas dari kotoran, kontaminasi dan cacat yang ada di permukaan cat, jika tidak, begitu coating diaplikasikan defects ini akan sangat sulit untuk dihilangkan.

Stage pertama yang perlu dilakukan adalah mencuci mobil sehingga permukaan bersih dan mengclay dengan menggunakan clay bar untuk mengangkat kotoran-kotoran yang tidak terangkat pas proses mencuci. Kotoran-kotoran yang diangkat oleh clay bar ini biasa tidak terlihat dengan mata, biasa terasa kasar di permukaan cat.

Multi-stage paint correction adalah stage kedua yang dilakukan setelah mobil dicuci dan di clay. Multi-stage correction biasa dilakukan oleh professional detailer untuk menghilangkan semua cacat yang ada di permukaan cat dengan menggunakan polish, compound, dan etc.

Setelah multi-stage paint correction selesai, nano ceramic coating baru diaplikasikan. Untuk mengaplikasikan nano ceramic coating, ruangan steril tertutup dengan suhu udara yang pas (sekitar 21-23 derajat celcius) sangat direkomendasikan untuk mendapatkan hasil yang optimal (i.e. bebas dari kabut, dan swirl-swirl yang diakibatkan dari teknik lap yang salah begitu meratakan coating)

Total waktu pengerjaan yang diperlukan bisa makan waktu sampai dengan 3 hari (termasuk curing) tergantung dari kondisi cat mobil. Untuk mobil baru bisa diselesaikan dalam waktu 2 hari (termasuk curing).



Cara merawat mobil yang sudah dicoating

Mobil yang sudah dicoating tidak berarti sudah bebas dari perawatan. Ingat, nano coating itu sama seperti poly sealant tapi lebih tahan lama jauh.



Mencuci mobil dengan teknik yang benar sangat direkomendasikan, tapi kami mengerti karena kurangnya waktu kita sering pergi ke public car wash untuk menghemat waktu dan tenaga. Oleh karena itu, routine maintenance setiap 6 bulan sangat direkomendasikan. Pada saat waktu maintenance, detailer akan melakukan paint correction stage lagi dan re-coating untuk layer terakhir.



Bila anda rajin melakukan maintenance, mobil akan selalu tampil prima selamanya.



Alternative dari coating

Oleh karena harga yang lumayan mahal dan memakan waktu yang lumayan lama, banyak pemilik mobil bertanya apa ada alternative lain untuk melindungi cat mobil.



Sebelum nano coating ada, dipasaran sudah ada yang namanya carnouba wax dan sealant. Kedua produk ini bagus untuk memberikan proteksi terhadap cat, tetapi tidak tahan selama coating. Berikut pros and cons untuk carnouba wax dan sealant.



Carnouba wax tahan sekitar 4 - 8 minggu

Pros:

- Sangat gampang diaplikasi

- Sangat gampang diremove

- Deep wet look



Cons:

- Diatas 37 derajat celcius bisa hilang

- Sekali dicuci dengan sunlight hilang



Sealant tahan sekitar 3 - 5 bulan

Pros:

- Memberikan perlindungan yang lebih kuat dibandingkan wax

- Susah diaplikasi dan dihilangkan

- Tahan lebih lama dibandingkan wax



Cons:

- Tidak seglow carnouba wax



Clear Bra

Dengan majunya teknologi, sekarang juga ada yang namanya clear bra. Clear bra ini adalah semacam plastik film yang diaplikasikan ke permukaan cat. Mengaplikasikan clear bra akan membuat kendaraan tahan terhadap rock chip hingga baret yang tidak dapat diperoleh dari coating apapun. Akan tetapi biaya untuk clear bra ini termasuk mahal dan lapisan dapat menguning setelah beberapa lama akibat terkena panas matahari. Melapisi sealant di clear bra dapat melindungi clear bra dari fading or other damages from UV rays.



Jadi perlindungan apakah yang anda cari? Feel free to let us know what you think in the comments below.

Previous
Next Post »